Mistar Pintar?............

Mistar pintar (MP) adalah penggaris yang memiliki fungsi tambahan sebagai alat hitung penjumlahan, pengurangan, perkalian,pembagian,kuadrat dan akar kuadrat. Prinsip penggunaan MP adalah dengan menggerakkan media penunjuk angka yang disebut sebagai SPOT.

Selasa, 10 Januari 2012

Kecerdasan Musikal

Fattan Muhammad Sanie


Mengajarkan ilmu baru kepada anak dibutuhkan pengenalan terhadap gaya belajarnya. Karena dengan memahami gaya belajar, maka materi yang disampaikan akan mudah diterima dan dipahami.

Kasus ini terjadi ketika kami mencoba mengajarkan teknik berhitung kepada murid baru yang bernama Fattan Muhammad Sanie.

Hari pertama belajar kegiatan berlangsung lancar, dan Fattan bisa mngikuti dengan baik. Mungkin karena dia menemukan hal baru yang belum pernah dilihat dan dipelajari, sehingga ada ketertarikan untuk mengikuti proses belajar.

Hari ke dua belajar bersama Fattan ternyata menemukan hal baru yang belum tampak pada saat pertemuan pertama. Ternyata keingintahuannya sudah terpuaskan pada pertemuan pertama. Akhirnya sesi itu berubah menjadi sesi permainan dan diskusi ringan bersama Mama Fattan tentang karakter dan minat yang dimiliki Fattan.

Sekilas Mama menyebutkan tentang ketertarikan Fattan terhadap suara atau musik. Ternyata Fattan memiliki sensitifitas terhadap suara yang tidak dimiliki oleh orang lain. Dia bisa menangkap satu suara unik yang menarik perhatiannya diantara kumpulan suara yang berbaur.

Dari satu suara unik itu, dia mencermatinya dan terus menanyakan tentang apa sebenarnya suara yang sedang diamatinya. Keunikan yang dimilikinya seringkali membuat orang yang disekitarnya menjadi bingung. Karena suara yang didengar Fattan tidak bisa ditangkap secara parsial oleh orang lain. Akhirnya Fattan menirukan suara yang dimaksud agar mendapatkan penjelasan yang diinginkannya.

Keunikan yang dimiliki Fattan ini bisa digolongkan kedalam type Kecerdasan Musikal, yaitu kemampuan yang dimiliki untuk menikmati, mengamati, membedakan, mengarang, membentuk dan mengexpresikan bentuk-bentuk musik.

Ciri-ciri anak dengan potensi kecerdasan ini :
1. Peka dan mampu menangkap keindahan suara disekitarnya, seperti orang bernyanyi, gemericik air, suara burung, sirine dan lain-lain.
2. Senang dan mudah mengingat dengan mendengarkan nada dan irama yang indah.
3. Lebih mudah mengingat sesuatu dan mengekspresikan gagasan-gagasannya jika dikaitkan dengan musik dan bunyi.
4. Jika bercerita, irama, intonasi, dan gaya bicaranya menarik serta ekspresif.
5. Jika belajar, tangan atau kakinya sering bergoyang berirama.

Cara Stimulasi agar kecerdasan musikal anak berkembang dengan baik:
1. Perkenalkan dengan aneka ragam musik dan bunyi-bunyian, seperti suara adzan, hafalan Qur’an, suara motor, lonceng, pintu berderit, suara binatang dan lain-lain.
2. Jika belajar usahakan sambil bersuara dan mendengar suara musik.
3. Berkomunikasi dengan intonasi dan ekspresi yang menarik.
4. Belajar menyanyi jika memainkan berbagai macam alat musik.
5. Mengamati perbedaan suara, misalnya suara kucing, suara singa, suara ayam, dan lain-lain.
6. Berikan buku menarik tentang musisi terkenal, teknik berpidato, alat musik dan lain-lain.
Contoh karier dengan kecerdasan musikal, misalnya : penyanyi, penata suara, motivator, dan lain-lain.

Dari analisa singkat tentang gaya belajar Fattan, dapat diketahui bahwa ternyata kami harus mencari teknik pengajaran yang sesuai dengan gaya belajar Fattan agar proses belajar bisa berlangsung menyenangkan dan mudah diterima oleh Fattan.

Kutipan, nasehat dari Albert Einstein :
“… Janganlah kita menilai kecerdasan ikan dari caranya memanjat pohon, karena itu akan membuat ikan merasa dirinya bodoh seumur hidupnya …”

Sumber Artikel : Institut Ibu Professional by Bunda Septi Peni Wulandari
Ditulis ulang oleh : Mama Fattan dan Ratna Hanifa
Untuk : Ananda Tercinta Fattan Muhammad Sanie dan seluruh anak dengan segala keunikannya.

Semarang, 20 Desember 2011
Sebagai pengganti sesi belajar yang hilang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar